HONG KONG JOURNEY: PERSIAPAN LIBURAN NAIK SINGAPORE AIRLINES

Melihat trend masyarakat saat ini yang semula spending money for goods kemudian bergeser ke spending money for experience akibat Traveloka Effect, sedikit banyak saya juga akan menulis tidak hanya tentang makanan saja tetapi cerita perjalanan saya beserta detailnya dihalaman blog ini sehingga harapannya tulisan saya bisa semakin informatif untuk kalian yang akan melakukan perjalanan wisata khususnya untuk kalian para pelancong baru (karena saya juga termasuk pelancong baru dengan destinasi liburan yang masih cukup common bagi sebagian masyarakat Indonesia).
Di tulisan ini saya akan cerita mengenai liburan saya bersama Nindya dan Riri, teman-teman seperjuangan dari SMA sampai kuliah ke negeri Hong Kong pada September 2017 lalu selama 5 hari.

Pre-Holiday Preparation
Ticket Hunting at BCA Singapore Airlines Travel Fair
Keimpulsifan saya dan Nindya untuk berlibur setelah Nindya comment “Liburan kuy” disalah satu postingan Instagram saya di Singapura menjadi alasan kami sukses berlibur ke Hong Kong. Dan gak lama setelah dia comment di Instagram saya, teman kantor share mengenai event BCA Singapore Airlines Travel Fair di Gandaria City tanggal 24-26 Februari 2017.

BCA Singapore Airline Travel Fair Februari 2017

Pas banget, di hari pertama travel fair Papa dan Mama saya jalan ke Gancit dan saya bergegas nyamperin mereka setelah pulang kantor untuk kesana. Cari destinasi yang sesuai dengan budget dan seketika kepikiran “pengen ke Disneyland deh..”, Hong Kong pun akhirnya terpilih sebagai destinasi yang tepat karena belom pernah kesana, gak terlalu jauh dan lebih reasonable budgetnya dibanding ke Jepang. Sampai di travel fair sekitar jam 9 malam, saya senang dan agak heran kok antriannya dikit banget ya. Setelah melihat beberapa booth travel agent, akhirnya saya nyamperin Panorama Tours untuk tanya ke salah satu staff diantara 10 staff lainnya yang lagi ladenin orang lain cari tanggal dan harga tiket. Gak lama setelah saya request cari tiket ke Hong Kong di tanggal 20-24 September 2017, masnya langsung info “ada nih mba, 3,3 jt, PP.”

WEW. 3,3 JT PP. NAIK SQ, THE 2ND BEST AIRLINES IN 2017. Tanpa pikir panjang, saya langsung telfon Nindya dan Riri untuk meyakinkan mereka dan minta mereka segera kasih nomor paspor untuk dibuatkan bookingan tiket kita. Sukses dengan bookingan tiket, ketika saya tanya promo BCAnya seperti apa, masnya kasihtau kalau bayarnya besok aja biar bisa dapet promo cashback 850rb untuk pembelanjaan s/d 5jt atau cashback 3jt untuk pembelanjaan lebih dari 5jt dengan Kartu Kredit BCA, tapi cashbacknya hanya diberikan untuk 300 pendatang pertama. Sayapun memutuskan untuk kembali ke Gancit esok harinya dan antri dari jam 7an pagi, pikir saya “pasti orang juga belom pada dateng lah jam segitu”. Besoknya, saya sampai di Gancit jam 7an dan…..antrian udah nguler dari pintu masuk Gancit sisi selatan sampe hampir ke Lobby Utamanya…..pasrah ngeliat antrian selama itu, ikhlas aja deh gak jadi dapet cashback tapi untungnya masih dapet promo cicilan 0% selama 6 bulan.

Saya rasa SQ akan bikin Travel Fair lagi di 2018 pada bulan Februari dan September seperti halnya tahun 2017 kemarin. Saran saya:
  • Beli tiket di bulan pertama event berlangsung, karena kalau kalian cari di bulan berikutnya, slot tanggalnya udah dikit banget karena udah laku terjual di travel fair bulan sebelumnya. Saya membuktikan dengan iseng dateng lagi ke travel fair di bulan September 2017 dan nanya penerbangan ke Hong Kong ditanggal yang sudah saya booking, dan ternyata sudah habis.
  • Dateng di hari pertama dan di malam hari untuk mengantisipasi antrian yang panjang, lebih baik dateng di hari pertama sekitar jam 9 malem ketika mall sudah mau tutup. Cari booth travel agent manapun yang lagi sepi, tentukan destinasi dan tanggal, siapkan data diri (nama lengkap, nomor paspor calon penumpang dan nomor hp) untuk mempercepat proses bookingan.

Antrian Malam Hari di Travel Fair Day 1

• Bayar di hari esok SEPAGI MUNGKIN. Dalam kasus ini, agar kalian bisa dapet promo cashback yang ditawarkan BCA, siapkan Kartu Kredit BCA berlogo “BCA Card” untuk bisa nikmati prmo cashback dan antri lebih pagi.

Antrian Cashback di Travel Fair Day 2. Dateng Jam 7 antriannya udah sampe Lobby :))

Beli Entrance Wahana dan Objek Wisata via Klook.com dan booking hotel via Booking.com
Hal selanjutnya yang perlu disiapkan adalah menyusun itinerary agar bisa ketauan kemana aja selama di Hong Kong dan tiket objek wisata apa saja yang harus dibeli. Terima kasih kepada Klook.com yang memudahkan kita membeli tiket Airport Express, Hong Kong Disneyland, Ngong Ping 360, Madame Tussaude Museum, The Peak HK dan Ferry ke Macau Island. Meskipun Klook.com berasal dari Hong Kong, travel web ini juga menyediakan tiket objek wisata dan transportasi di beberapa destinasi Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia dan Thailand. Tinggal pilih objek wisata apa saja yang akan kalian datangi, kumpulkan semua tiket dalam 1 bucket dan bayar menggunakan Kartu Kredit. Cek juga bagian promonya ya karena mereka juga menyediakan promo code dengan diskon yang lumayan signifikan. Saran saya untuk belanja di Klook adalah:
  • Matangkan Itinerary, karena ketika belanja di Klook, hampir semua bookingan tiket objek wisata langsung meminta kita untuk memasukkan tanggal kedatangan kita.
  • Siapkan kartu kredit dengan limit yang cukup besar untuk efisiensi belanja dan bunga akibat pertukaran kurs. Sebaiknya kalau kalian pergi dalam group (3-4 orang) lebih baik transaksinya dijadikan dalam 1 kartu agar juga bisa dapat promo. Karena biasanya promo dari Klook bisa digunakan apabila belanja dengan kelipatan cukup besar (misal belanja total 2-3jt bisa dapat potongan 500rb-1jt).
  •  Cek semua terms and condition sebelum proses pembayaran. Semisal saat mau beli Ferry ke Macau Island, kalian harus cari tau mau berangkat dari Terminal mana? Karena sailing point dari Hong Kong ada 2, yaitu di Sheung Wan (Hong Kong) dan Kowloon. Dan yang pasti harga tiket dan jadwalnya agak berbeda.
  • Print semua tiket. Meskipun sekarang sudah era digital dan tiket yang kita beli bisa ditunjukin langsung dari hp, lebih baik setelah kalian transaksi, print semua tiket baik itu bookingan dari Klook dan juga tiket pesawat untuk mengantisipasi file corrupt atau hal lainnya. Bahkan untuk tiket Ferry ke Macau dan Hong Kong Disneyland diwajibkan untuk diprint karena akan discan QR codenya disana.
  • Print peta MTR. call me conservative but gak ada salahnya kan kalian print peta MTR agar bisa dibawa dan dibaca kapan aja? Jadi gak perlu lari-lari di shelter MTR untuk cari Peta lagi.

Peta MTR HK

Beberapa concern points dari pembelanjaan saya di Klook.com:
  • Airport Express: Hong Kong terbagi atas 3 area besar, Lantau Island, Hong Kong Island dan area yang menyatu dengan Mainland China. Jarak Airport (HKIA) ke tengah pusat kota kurang lebih 50 Km karena HKIA sendiri berada di Lantau Island dan pusat kota berada di Hong Kong Island, makanya lebih baik beli Airport Express yang makan waktu 24 menit ke pusat kota instead of Airport Bus selama 1,5 -  2 jam (FYI, trafficnya HK cukup padat lho). Pastikan tanggal berangkat dan pulang serta shelter yang menjadi tempat naik/turunnya kalian dari dan ke Aiport. Terdapat 5 shelter yang dilintasi setelah Airport Express (Sunny Bay, Tsing Yi, Olympic, Kowloon dan Hong Kong) dan terintegrasi dengan MTR yang detailnya bisa kalian lihat di Peta MTR diatas. Pilihan kami jatuh pada shelter Kowloon dengan mempertimbangkan lokasi hotel kami. Pembahasan mengenai hotel selanjutnya akan saya bahas setelah ini.
  • Hong Kong Disneyland: pastikan tanggal kalian akan ke Disneyland dan cukup pilih 1-Day Ticket. In case jadwal liburan berubah, tiketnya masih valid sampai tahun berikutnya.
  • Peak Tram Fast-Track Combo (The Peak Tram, Entrance ke The Peak Site untuk lihat pemandangan Hong Kong dari titik tertingginya dan Madame Tussaude Museum): tiket ini dibundling jadi 1 paket, sehingga kalian harus memastikan di Itinerary kalian kalau kedua destinasi ini ada dalam 1 hari yang sama. Very satisfied, Klook menyediakan tour guide 3 bahasa (Inggris, Mandarin, Korea) untuk mendampingi kita menuju antrian fast track The Peak. Datanglah di hari kerja untuk antisipasi antrian yang panjang. Bahkan saya aja datang di hari kerja, antrian fast tracknya Klook makan waktu 30 menit sendiri! bisa bayangin sendiri kan kalau kalian gak beli tiket duluan di Klook dan antri regular selama apa ngantrinya?
  • Ngong Ping 360 Cable Car: ada dua jenis cable car, Standard dan Glassbottom (yang lantainya kaca jadi bisa lihat pemandangan dibawah kaki kalian). Saya sih beli yang standard aja karena jendela cable carnya sendiri juga udah besar dan lebih murah. Belilah tiket yang roundtrip agar kalian gak perlu antri beli tiket lagi saat akan pulang.
  • Ferry to Macau Island: as mention in paragraph sebelumnya, pastikan sailing point kalian dan tanggal keberangkatan kalian. Dan belilah tiket pulang pergi sekaligus.

Bagi first timer, siapkan mental kalian untuk mengetahui kenyataan bahwa Budget Hotel di Hong Kong luasnya gak manusiawi. Toilet seukuran lavatory pesawat dan kasur yang mentok sama lebar kamar adalah hal biasa di Hong Kong mengingat mahalnya harga tanah disana. Bahkan banyak hotel yang menggunakan lot di rumah susun.  Semisal Micro Hotel di daerah Yau Ma Tei yang menjadi pilihan kita selama di Hong Kong. Hotel ini kebetulan juga menawarkan kamar Triple Bed dan sangat ideal untuk kita yang memang pergi bertiga. Kalian bisa booking lewat booking.com jauh hari dan free cancellation sampai 2 minggu sebelum tanggal check in kalian.

Detail itinerary, kuliner dan cerita selama di Hong Kong bisa kalian kepoin di postingan selanjutnya ya! Ciao!