5 Daftar Kuliner Surabaya untuk Pemula

Surabaya adalah kota yang menjadi saksi cerita perantauan pertama teman gendut selama hidup. Bersyukurnya saat ini bernaung di kota pahlawan ini karena....banyak makanan!

Meskipun baru 2 bulan lebih hidup disini, kali ini saya akan bagikan cerita kuliner Surabaya yang pas di lidah dan hati kalian yang akan memulai perjalanan juga di Surabaya. Cekidot!

1. Bebek Tugu Pahlawan
Berlokasi persis didepan gerbang Tugu Pahlawan Surabaya, Bebek Tugu Pahlawan menjadi panganan bebek goreng khas Surabaya yang masih berada dihati masyarakat Surabaya. Hal ini terbukti dengan panjangnya antrian dan kerumunan penikmat bebek goreng sejak pukul 5 sore kurang padahal tenda makannya baru resmi dibuka pukul...5.30 sore. Selain bebek, terdapat pula ayam goreng beserta jeroan macam usus dll. 1 porsi Nasi Bebek Goreng dibanderol seharga 22rb (paha) dan 18rb (dada dan paha biasa). Daging bebeknya yang sangat lembut, gurih dan sambelnya.....juara bgt pedesnya! yang gak tahan pedes, jangan lupa juga pesen es degan jeruk disebelah tendanya yang cuma 5rb perak ya.




2. Rawon Kalkulator
Kenapa namanya Rawon Kalkulator? konon rawon yang sudah cukup lama bertahan di Taman Bungkul Surabaya ini pemiliknya sangat cepat dalam menghitung harga pesanan para penikmatnya, sangking cepatnya mungkin si pemilik dianggap otaknya seperti kalkulator sehingga dinamailah Rawon Kalkulator (FYI waktu saya kesini juga pelayannya sangat cepat ngitungnya gak ada jeda sama sekali!) 1 porsi Rawon Kalkulator dengan potongan daging yang besar-besar dan sangat empuk ini dibanderol seharga 20rb saja. Ohya wajib makan rawonnya pakai paru goreng (10 rb) yang disajikan diatas meja makannya ya. Ini paru goreng terenak yang pernah ada!




Paru Goreng Juara



3. Semanggi Surabaya
Masih diarea Taman Bungkul, jangan beranjak dulu sebelum kalian muterin taman di tengah kota yang saya rasa cukup nyaman untuk duduk-duduk santai sambil liat anak-anak berkeliaran. Dipinggir taman ini banyak pedagang yang menjajakan jualannya menggunakan bakul besar yang ditutupi plastik lengkap dengan kerupuk besar. Itu adalah pedagang Semanggi Surabaya. Sebenarnya, saya menganggap makanan ini sebenarnya sejenis pecel, tapi yang memuatnya berbeda adalah karena berbahan dasar daun semanggi. Buat kalian yang menyukai pecel dan suka cita rasa manis, sajian seharga 5rb ini cocok buat teman ngemil yang sehat.


4. Tahu Telor Pak Jayen
Lanjut lagi dengan kuliner bersaus kacang, Tahu Telor Pak Jayen yang berada dibilangan Dharmahusada ini adalah salah satu panganan terkenal di Surabaya. Meskipun terkenal, saya juga kurang paham kenapa saat saya datang kesini dihari sabtu malam kok sepi banget tempatnya? tapi gapapa deh biar gausah ngantri panjang-panjang, langsung sikat aja satu porsi Tahu Telor dengan komposisi tahu goreng, kecambah, bihun dan telur dadar dengan saus kacang yang sangat lembut teksturnya dan gak bikin enek seharga 22rb. Saya saranin sih minta level sedang aja pedasnya karena saus kacangnya menurut saya udah enak dengan rasa aslinya jadi gak perlu dipedes-pedesin lagi.





5. Sambel Bu Rudy
Masih dibilangan Dharmahusada, sentra oleh-oleh khas Surabaya yang menyajikan sambal bawangnya yang sangat pedas dan nikmat ini ternyata juga menyajikan makanan porsian lho. Saat saya dan teman-teman seOJT Surabaya datang kesini untuk berbuka bersama, saya memesan Nasi Empal Udang seharga 22rb yang ternyata empalnya adalah empal daging dan udangnya adalah udang ebi yang super enak yang biasa dipaketkan bersama sambal bawangnya. Karena makan ditempat, kami bisa menikmati sambal bawang sepuasnya karena disajikan langsung ditengah meja makannya. Buat minumannya, kalian bisa pesan es teh manis seharga 5rb dengan ukuran gelas yang bisa kalian liat pada foto dibawah ini. Nendang!


Menu Sambal Bu Rudy





Sambal Bawang

Nasi Udang Empal




6. Rolag Kopi
Rolag Kopi adalah satu area kafe besar dibilangan Karah, dekat sekali dengan tempat tinggal saya di Ketintang. Tidak tahu kapan jam persis bukanya, tapi saya dan kedua teman kantor saya pernah nongkrong sampai jam 2.30 malam sambil menunggu waktu sahur (saat datang sedang bulan Ramadhan). Tempatnya sangat luas, meskipun sangat berisik, cukup banyak asap rokok dan sangat lama pelayanannya.....namun harganya sangat bersahabat dan nikmat. Saat berkunjung saya memesan Hot Vietnam Drip seharga......13rb aja! Saya sampai tanya dua kali sama pramusajinya sangking murahnya, bahkan kalau gak pakai susu kental manis harganya cuma 12rb :") terus beneran enak. Kopinya wangi tapi tidak terlalu kental dan strong, jadi bagi kalian yang bukan penimat kopi tapi penasaran, bisa langsung cobain. Oh ya kalau mau kopi yang standar bisa cobain juga Ice Cappucino nya dengan harga yang sama.


Hot Vietnam Drip

Ice Cappucino

Karena masih banyak kuliner surabaya yang belum dijamah, nantikan update selanjutnya lewat feeds instagram teman gendut ya!

Komentar

Postingan Populer