Jajanan Jalanan di Jakarta (Versi Menteng dan Melawai)

Semenjak temangendut mulai beredar, sudah cukup sering saya dan teman-teman gendut lainnya makan di pinggir jalan. Jangan underestimate dulu, jajanan pinggir jalan versi teman gendut yang bakal di review di post ini dijamin bersahabat di lidah dan kantong kalian semua.

1. Bakmi Jhon (Jalan Sampit, Melawai)
Seantero Jakarta sudah seharusnya tahu bakmi ayam yang terletak di bilangan Melawai, Jakarta Selatan ini. Saya sudah sering banget mampir kesini setelah saya olahraga di car free day buat ilangin rasa laper abis capek-capek lari (emang gak ada gunanya CFD kalau endingnya makan kesini). Dari pertamakali saya makan Bakmi Jhon ketika masih sekolah di bulungan sampai detik ini, rasanya gak berubah sedikitpun (kecuali harganya). Semangkuk Mie Yamin Baso Pangsit dengan campuran jamur kancing dan sambel yang super pedes dibandroll sebesar kurang lebih Rp 28.000 aja. Masih belum tau persisnya dimana? Cus langsung ke Parkiran Bank BNI sebelah Gereja Santo Yohanes Melawai (sederetan Taman Ayodya). Semangkok masih kurang? pesen yang ukuran Jumbo aja. Masih kurang lagi? Mending kalian pesen 2 mangkok ukuran standar :))

Mie Yamin Baso Pangsit. Pardon my fluffy tights.....

2. Soto Pak Yus (Jalan Dr. Sam Ratulangi, Menteng)
Buat kalian yang tinggal atau ngantor disekitar Menteng, cobain dulu Soto Daging Pak Yus. Pada dasarnya, ini adalah soto betawi. Tapi yang bikin enak adalah kuah sotonya pakai susu. Dan buat pecinta jeroan, kalian bisa mix juga dengan paru, babat dll. Dagingnya empuk banget dan banyak! Cukup dengan Rp 38.000 kalian bisa santap langsung Nasi + Soto + nambah Rp 4.000 buat es teh manis. Lokasinya tepat di seberang Goethe Institut Menteng.


Soto Daging Kuah Susu

3. Tenda Biru (Jalan Billiton, Menteng / Belakang Wisma Kosgoro)
Kalau yang ini sih tempat makan siang saya ketika jam istirahat kantor tiba. Namanya sih Tenda Biru, tapi kalau kata orang-orang yang ngantor di Jalan Billiton (nyebutnya Bak Sampah karena letaknya persis disamping Bak Sampah). Tapi jangan jijik dulu ya, karena makanan yang disajikan disini selalu dalam keadaan sangat panas. Nasi Goreng Kambing, Capcay, Mie Goreng dan Kwetiaw Goreng adalah beberapa menunya. Rata-rata seporsinya seharga Rp 17.000 aja, tapi porsinya porsi kuli! Paling enggak 1 porsi Kwetiaw Goreng/Mie Goreng/Capcay nya bisa buat berdua. Rasanya juga gurih banget, sayur dan potongan ayamnya banyak dan kaya bumbu meskipun makannya berkucuran keringat karena tempat yang panas serta Kwetiawnya yang disajikan dengan banyak irisan cabe rawit. 

Mie Goreng

Kwetiaw Goreng. Makanan Wajib Pesan.

4. Ayam Malaya (Jalan Lombok, Menteng)
Masih disekitar kantor saya, ketika saya dan teman-teman kantor abis lari di Taman Suropati kami bergegas mengisi perut disini sekalian makan malam. Jajanan satu ini baru buka di pukul 18.00. Menyajikan makanan tendaan seperti Nasi Goreng Gila (Rp 25.000), Sate Kambing (Rp 26.000), Ayam Malaya (Rp 25.000) dan Go Hiong (semacam bakwan goreng crispy yang dikasih kulit lumpia, harganya Rp 25.000 juga). Saya sebenarnya punya ekspektasi bahwa Ayam Malaya ini menjual makanan khas Malaysia. Tapi ketika makanannya datang.....Ayam Malaya ternyata hanya ayam goreng tepung dengan saos malaya yang merupakan saos mentega yang sangat cair. Begitu juga dengan Go Hiong yang disajikan dengan saos yang sama. Buat rasa sih sebenernya biasa aja, tapi porsinya sangat mengenyangkan. Nasi Goreng Gila kalau gak terlalu laper 1 porsi bisa buat bertiga, sisanya tinggal pesen Sate, Ayam Malaya sama Go Hiong aja. Saya malah suka sama Go Hiongnya yang gurih, garing banget dan cukup manis karena dikasih saos malaya. Lokasinya ada di pengkolan Jalan Lombok, Menteng. Biar gampang, dari Gereja Theresia ikutin jalan ke kanan, setelah ketemu SPBU belok kanan lagi. Kurang lebih 200 meter di sebelah kiri, Ayam Malaya nangkring di percabangan Jalan Lombok. 

Nasi Goreng Gila (yang kurang gila)

Sate Kambing termurah dan gak ada bau sama sekali

Ayam Malaya

Go Hiong


Lanjut lagi di postingan makan cantik dan makan gembul selanjutnya ya!

Cheers,
SK

Komentar

Postingan Populer